Posted in Gado-gado

Visit Yogya (lagi)

Rabu Kamis kemaren, divisi gw mengadakan Away Day di Yogyakarta. Away day versi kantor gw itu adalah acara 2 hari yang terdiri dari meeting dan senang-senang. Away day kali ini juga sekalian mengandung misi farewell-an boss besar divisi gw. Si boss besar dapat kesempatan untuk berkarir di perusahaan-nya Bill Gates *iri ga tuh*.

Yogyaaa, kami datang

Rombongan penerbangan dibagi dua, dikarenakan peraturan perusahaan yang ga ngebolehin 1 rombongan berada dalam 1 pesawat. Alhamdulillah, Air Asia dan Lion ga pake delay. Jam 7 pagi, kita udah sampe di Yogya. Setelah semua anggota lengkap, dengan bis sewaan kita langsung cari sarapan dulu. Tujuannya ke Sego Pecel Bu Wiryo di UGM. Disini kita disuguhkan nasi pecel beserta aksesoris lainnya: gorengan tahu, gorengan bakwan, telor mata sapi, sate telor puyuh, iwak peyek, dll. Yaak, bikin kenyang nya full. Padahal gw udah pesan tanpa sego (baca: nasi) loh. Rasanya? Enaaak .. Tapiiii, lebih enak pecel yang ada di Bukittinggi deh *lupa namanya apa*, nanti pas pulang lebaran ini tak cek deh dan posting fotonya.

Sego Pecel Bu Wiryo, tanpa sego

Abis sarapan, kita ngelanjutin perjalanan ke Depo. Kita numpang meeting disini, sekalian visit Depo gitu. Meeting plus sharing session sampe jam 3, ini meeting terakhir sama si big boss😦 Nah, karena makan siang nya diantara jam makan siang, kita pesen gudeg Yu Djum yang terkenal itu. Rasanya enak, tapi (lagi) mungkin karena udah terbiasa dengan masakan Padang yang pedas, gw ga terlalu suka lauk nya yang terasaaa manis. Cuman kalo dibandingkan gudeg yang di Jakarta, yang ini emang jauuh lebih enak. Makanya banyak yang pesan buat dibawa pulang ke Jakarta.

Meeting selesai, dilanjutkan dengan ke Malioboro, yak apalagi kalo bukan shopping till drop saudara-saudara. Di Malioboro, rombongan yang berjumlah 20 orang pun pecah, gw dan beberapa teman langsung menuju pasar Beringharjo, kita mau cari batik murah meriah dulu. Tapi pas sampe sana kok ya jadi bingung, batik-nya banyak benar. Akhirnya capek pingsan keliling, eh cuman dapat 3 baju batik buat Caul ngantor. Dan lalu untuk menutup shopping ini, kita pun ke Mirota. Capek mutar-mutar, ah cuman dapat tambahan 2 batik, 1 daster, plus aksesoris bros buat Mama. Trus buat ponakan-ponakan kecil, dapat baju-baju lucu di kaki lima depan Mirota. Lumayan buat nambah isi koper. Btw, belanja di Mirota itu enak, ga biking bingung, kualitas dan harga terjamin sih, pokoknya makin mahal makin bagus, haha. Jam 5, kita janjian di parkiran bis Stasiun Tugu, buat balik ke hotel, check-in. Berdasarkan pengalaman 2 tahun lalu di Pop Harris Bali (pengalaman hotel murah dan bersih), kita memutuskan nginap di Pop Harris aja (ini juga terkait budget sih :P), dapat harga promo 248 ribu. Murah bener yak. Tempat nya dekat banget ama Tugu Yogya, tapi sayang ga sempat foto di sana, gerimis pas tengah malam. Abis check in dan leyeh-leyeh bentar, trus langsung cau ke tempat makan malam.

POP Harris!

Kita makan malam di Royal garden Resto, lokasinya dekat alun-alun belakang, sebelahnya konter Dagadu. Makanannya enaak, semua senang. Disini acara puncak farewell-nya si boss, kita ngasih hadiah berupa replika Mercy Jeep plus album berisi pesan kesan dari tiap orang tentang beliau. Selesai acara, mampir ke Dagadu dulu buat belanja kaos-kaos lucu, baru setelah itu nerusin perjalanan ke angkringan kopi joss, belum sah ke Yogya katanya kalo ga sempat ngerasain angkringan. Gw ga mesan kopi joss sih, takut ga bisa tidur (butuh istirahat soalnya lagi pilek, penyakit ga asik). Jam setengah 11-an kita bubar, dan balik ke hotel. Gw dan beberapa teman menocba peruntungan lagi ke Malioboro, berharap masih ada toko buka, tapi akhirnya ah ga dapat apa yang dimau. Balik ke hotel, capek, tiduur ampe pagi.

Paginya, itenerari yang dibikin mulai berantakkan. Kita ga bisa bangun pagi. Rencana berangkat jam 7, mundur ke jam 8. Susah bo, ngantuk dan capek. Malah ada beberapa yang milih tidur daripada join sarapan. Kita sarapan ga di hotel, tapi ke Soto Kadipiro di Jl. Wates. Kata si Pak Sopir, ini Soto yang asli. Rasanya segaaar, enak, dan murah. Duit berasa banget deh di Yogya, serasa jadi orang kaya, haha. Next time ke Yogya, mau kesini lagii🙂

Soto Kadipiro (yang asli)

Kenyang, balik ke hotel buat check-out. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Museum Ullen Sentalu. Ullen Sentalu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang artinya cahaya kecil yang menjadi penerang kehidupan. Museum ini dikelola oleh sebuah keluarga yang sangat mencintai kebudayaan Jawa. Disini dipamerkan koleksi foto dan barang-barang Keratonan Yogya dan Surakarta. Gw itu tipikal yang jarang banget ke Museum, ternyata menyenangkan ya, mendengarkan cerita dan sejarah dari suatu peristiwa di masa lampau. Tiket masuk 25,000 IDR itu sudah termasuk satu orang pemandu untuk tiap rombongan. Di dalam museum, tidak diperbolehkan foto-foto, karena karya seni rawan plagiat katanya. Jadi nanti akan ada tempat-tempat yang diperbolehkan untuk berfoto.

Museum Ullen Sentalu
Angkaat Candi

Keliling Museum yang luasnya 1,2 hektar ini bikin lapar dan capek. Kita segera menuju tempat makan siang di daerah Pakem. namanya Moro Lejar. Semua kalap saking lapar dan kemudian ga bisa gerak karena kekenyangan. Rencana ke Prambanan bubar sudah, kita ga sanggup beranjak dari tempat duduk. Jam 3-an, kita beranjak ke Bandara, nganterin shift pertama yang mau balik jam 17.40 ke Jakarta, sementara shift kedua (yang balik jam 18.50) ngelanjutin ke Prambanan. Betenya adalah pesawat kita delay aja gitu, jadi shift kedua sampe di ruang tunggu kita masih disana. Ah dasar nih si Lion Air.

Itu dia, sampe rumah langsung panggil si Ibu Pijat saking capek dan tepar nya. Tapiii senang, mauuu ke Yogya lagi, aah gw suka Yogya, sangat.

Penulis:

| Married | 31 tahun | tukang ngomel | pecinta weekend & drama Korea | pekerja IT yang gaptek |

2 thoughts on “Visit Yogya (lagi)

1. eh, ini new ittinerary bgt nih buat me …
    udah 4 kali k jogja belum nyobain soto yg di wates, ke Ullen Sentalu dll …

jadi pengen balik lagi …
    eh someday bareng yuu … tp lebih enak klo me juga udah ada pasangan biar bisa double date (halah .. curcol)😀